4 Tumbuhan Yang Memiliki Kandungan Antiseptik

4 Tumbuhan yang memiliki kandungan antiseptik alami, Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat subur akan sumber daya alamnya, seperti sebagian lirik yang dinyanyikan oleh koes ploes misalnya “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu bisa jadi tanaman” bukan hanya sekedar tanaman saja, melainkan tanaman yang dapat tumbuh subur di negeri kita Indonesia ini memiliki kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan, terutama yang memiliki antiseptik alami dan berikut ini saya informasikan untuk anda 4 tumbuhan yang memiliki kandungan antiseptik itu diantaranya :

1. Sirih

4 Tumbuhan Yang Memilki Kandungan AntiseptikSirih (Piper betle Linn) adalah salah satu jenis tumbuhan terna memanjat yang termasuk famili Piperaceae. Asal usul tumbuhan ini tidak diketahui dengan pasti. Sirih merah memiliki khasiat multiguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Penelitian yang dirasakan kurang dilakukan terhadap pengembangan sirih merah sehingga tak banyak orang yang mengetahui manfaat dan khasiat dari daun sirih merah ini, daun sirih merah hanya dikenal di beberapa kalangan masyarakat tertentu yang terbiasa menggunakan bahan-bahan herbal sebagai salah satu herbal tradisional untuk mengatasi beberapa jenis penyakit seperti, jantung, dapat mengatasi diabetes, membersihkan organ mulut, mengatasi batuk dan menambah nafsu makan, membersihkan organ kewanitaan, mengatasi radang mata, dan sebagainya.

2. Wortel

4 Tumbuhan Yang Memilki Kandungan AntiseptikSalah satu tanaman yang diketahui mempunyai daya antiseptik adalah tanaman wortel (Daucus carota L.). Dalam “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” disebutkan bahwa umbi wortel memiliki khasiat sebagai diuretik, laksatif, dan antiseptik. Hal ini karena umbi wortel diketahui mengandung senyawa golongan sesquiterpen (Ahmed et. al., 2005).

Wortel kaya akan vitamin A. vitamin A sangat baik untuk mata kita. Pada umumnya ibu-ibu kita sering menggunakan wortel sebagai bahan tambahan/ pelengkap untuk memasak sayuran. Disamping itu, wortel dapat digunakan untuk obat kumur. Caranya dengan merebus wortel yang telah dibersihkan dan dipotong-potong kemudian direbus. Air hasil rebusan wortel tersebut digunakan untuk berkumur setiap pagi.

3. Kulit pisang

4 Tumbuhan Yang Memilki Kandungan AntiseptikKulit pisang hanya dicuci dengan bersih kemudian kulit pisang yang telah bersih diletakan di bagian yang luka. Selain itu juga, getah pisang dapat kita ambil dari pohon pisangnya langsung. Getah pisang dapat dibuat sebagai obat luka yang alami. Getah pisang banyak terdapat di antara batang dan daun pisang. Kulit pisang juga sama bermanfaatnya seperti getah pisang.

4. Jeruk Nipis

4 Tumbuhan Yang Memilki Kandungan AntiseptikJeruk nipis mengandung vitamin B1, belerang, asam sitrun, glikosida, damar, minyak atsiri, asam amino, asam sitrat, minyak terbang, dan lain-lain. Dengan kandungan gizi itulah  jeruk nipis digunakan sebagai buah alternatif merawat kecantikan dan mendukung kesehatan. Khasiat jeruk nipis cukup manjur sebagai antiseptik alami untuk mengatasi jerawat di wajah.

Sumber Informasi Berita Kanker Menarik

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *