Gejala dan Penyebab Jantung Bocor

Apa itu jantung bocor? jantung bocor merupakan sebuah kelainan bawaan atau kongenital yaitu masalah pada bagian struktur jantung yang sudah ada sejak lahir sehingga bisa mengubah aliran normal darah melalui jantung.

Bagi para orang tua yang cemas dan khawatir ketika mengetahui anaknya mengalami jantung bocor, sekarang tidak perlu cemas dan khawatir lagi. Kini sudah ada obat jantung bocor pada anak yang sudah terbukti khasiat beserta manfaatnya.

Seperti kita ketahui secara garis besar, bahwa jantung mempunyai dua sisi yaitu kanan dan kiri, dipisahkan oleh dinding atau sekat pada bagian dalam yang disebut dengan septum.

Jantung sebelah kanan menerima darah miskin oksigen dari tubuh dan memompanya ke paru-paru. Sedangkan jantung sebelah kiri menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh.

Septum ini dapat mencegah pencampuran darah antara kedua sisi jantung. Akan tetapi ada beberapa bayi dilahirkan dengan lubang diseptum bagian atas atau bawah dan kondisi inilah yang disebut dengan jantung bocor.

Dengan adanya kebocoran pada jantung baik itu ASD (atrial septal defect) atau defek septum atrium atau juga VSD (verticular septal defect) atau defek septum ventrikel, maka darah dari sisi kiri jantung dapat masuk ke sisi kanan.

Dengan begitu, darah yang kaya oksigen bercampur dengan darah yang miskin oksigen. Akibatnya yaitu beberapa darah kaya oksigen dipompa ke paru-paru bukan ke tubuh.

Penyebab jantung bocor :

  • Faktor keturunan memliki peran dalam beberapa kelainan jantung bawaan. Misalnya, orang tua yang memiliki cacat jantung bawaan sedikit lebih mungkin dibandingkan orang tua yang sehat.
  • Anak-anak yang memiliki kelainan genetik, seperti sindrom Down, sering memiliki kelainan jantung bawaan. Bahkan 50% bayi dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung bawaan.
  • Merokok selama kehamilan juga telah dikaitkan dengan beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk jantung bocor.
  • Higga saat ini para ilmuwan masih terus mencari penyebab jantung bocor.

Dan berikut adalah ciri-ciri atau gejala dari jantung bocor :

  1. Kelelahan
  2. Mudah lelah selama aktivitas fisik
  3. Sesak napas
  4. Penumpukan darah dan cairan di paru-paru
  5. Pembengkakan di pergelangan kaki, perut, dan vena di leher

Itulah penyebab dan gejala jantung bocor yang bisa disampaikan, semoga saja bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda semuanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *